Midnight Children

Apakah anda pernah menonton serial Heroes?

Gak mirip Heroes sih. Tapi novel ini cukup menarik kok.

Sekilas

Novel ini bercerita tentang India melalui mata Saleem Sinai.
Saleem Sinai adalah salah seorang dari “Midnight Children” yaitu orang-orang yang lahir pada saat tengah malam kemerdekaan India 15 Agustus 1947. Dia adalah, menurut saya, merupakan embodiment dari India itu sendiri. Saleem adalah gerbang kita dalam penceritaan hidupnya dan juga gerbang kita untuk mengenal lebih dalam India itu sendiri. Dikemas dengan realisme magis, yang bukan sekedar bumbu, tapi lebih merupakan roh dari buku ini, Midnight’s Children merupakan sebuah bacaan yang spektakuler.

Mengenal lebih dekat tentang India

Buku ini merupakan sejarah “tak resmi” yang mencakup India semenjak sebelum masa kemerdekaan sampai saat Perdana Menteri Indira Gandhi menyerukan Emergency (Darurat) pada tahun 1975.
Kisah ini berawal di Kashmir, tempat Aadam Aziz, kakek Saleem bertemu istrinya sepotong demi sepotong melalui seprai yang dilubangi. Ya! Aziz adalah seorang dokter dan istrinya, Naseem adalah pasiennya yang harus diperiksanya melalui seprai yang dilubangi untuk melindungi tubuhnya dari “tatapan orang asing”. Alkisah, Aziz dan Naseem pun menikah dan pindah ke Agra.

Sementara itu di Agra sedang berlangsung Hartal yang dideklarasikan oleh Mahatma Gandhi dan Aziz terjebak dalam kerumunan yang menuju Amritsar di mana Dyer, seorang perwira militer Inggris, dan anak buahnya sedang menuju ke sana untuk menciptakan tragedi kemanusiaan yang parah yang nantinya akan dikenal sebagai Amritsar Massacre.

Selanjutnya banyak peristiwa-peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah India dialami oleh keluarga Saleem. Termasuk masa-masa ketegangan antara Hindu dan Muslim, Partition (Pemisahan menjadi India dan Pakistan), kemerdekaan, zaman populernya film-film dari Bombay, pemisahan Bangladesh dari Pakistan, dan akhirnya Emergency yang dideklarasikan Indira Gandhi. Semua kejadian sejarah yang membentuk India juga membentuk keluarga dan pribadi Saleem Sinai.

Inilah sebabnya banyak yang mengatakan bahwa buku ini sebenaranya merupakan alegori dari India itu sendiri. Dan sekali lagi, buku ini menceritakan hal tersebut dengan memukau dan begitu nyata, begitu sarat akan detail dan tentunya penuh dengan bahasa yang bergejolak nan indah.

Pokoke maknyus.

The Children of Midnight

1001 anak lahir di tengah malam saat kemerdekaan India, dan masing – masing anak tersebut memiliki kemampuan supernatural. Dikisahkan bahwa mereka-mereka yang lahir tepat saat tengah malam memiliki kekuatan yang paling dahsyat. Dua orang lahir pada saat tersebut : Saleem Sinai dan Shiva. Saleem memiliki kekuatan telepati dan Shiva memiliki kekuatan dewa perang. Saleem lahir dari keluarga miskin, Shiva lahir dari keluarga kaya. Saat mereka baru dilahirkan, keduanya ditukar.

2 Comments (+add yours?)

  1. sawung
    Jul 26, 2007 @ 01:02:29

    kenapa ga ditulis pengarangnya siapa.
    tulis aja salman rusdie😀, orang di indonesia kadang alergi baca nama ini.
    Udah baca satanic verses? biasa aja sih kalo di bandingin sama midnight childern.
    Midnight childern pernah menang booker prize lho

    Reply

  2. harimaubelang
    Aug 03, 2007 @ 13:14:39

    Ya. Nampaknya dia banyak dimusuhi sama negara muslim sedunia.

    Saya belum baca satanic verses tapi pernah lihat sekilas. Dari lihat sekilas itu tidak memancing minat saya untuk membaca lebih lanjut.

    Bukan hanya booker Prize, Midnight Children juga menang Booker of Booker yaitu hadiah pemilihan buku terbaik yang pernah memenangkan booker dari penulis booker

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: